Jumat, 27 November 2009

ANCAMAN BLUETOOTH

Posted by Mochamad Rhyadh 0972167

Kebanyakan para pengguna perangkat mobile tidak waspada terhadap resiko keamanan dalam penggunaan Bluetooth. Ancaman paling umum yang bisa terjadi adalah bluejacking, bluesnarfing, dan bluebugging bagi keahlian tingkat tinggi.
• Bluejacking adalah teknik untuk mengirimkan pesan teks yang tidak dikehendaki (spam) kepada pengguna melalui bluetooth.
• Bluesnarfing adalah akses ilegal terhadap informasi yang ada pada ponsel melalui koneksi bluetooth. Hal ini memungkinkan hacker/pelaku untuk menyalin isi data ponsel termasuk daftar kontak, email, sms, dan bahkan photo atau video pribadi, inilah ancaman yang paling berbahaya .
• Bluebugging adalah ancaman yang paling serius. Hacker atau pelaku memungkinkan untuk melakukan panggilan telepon, mengirim dan menerima sms, melihat dan memodifikasi daftar kontak, menyadap percakapan telepon, dan konek ke Internet.

Inilah empat saran yang dapat dilakukan untuk mengantisipasi hal tersebut:
• Selalu offline: Matikan fungsi bluetooth apabila tidak dipergunakan. Jika kita memiliki perangkat bluetooth namun tidak ingin menggunakannya maka nonaktifkan.
• Selalu invisible: Jika kita menggunakan bluetooth namun tidak perlu menampilkan ID perangkat untuk pengguna lain, pastikan visibility setting di set ke “hidden” sehingga pelaku yang mempunyai niat jahat tidak dapat mengetahuinya.
• Verifikasi transmisi yang masuk: Jangan terima atau buka attachments/lampiran dari sumber yang belum dikenal.
• Pasang password: Idealnya, pakai password dengan digit yang panjang. Empat digit password/PIN dapat dibongkar dalam beberapa detik saja, dan enam digit PIN hanya 10 detik, PIN diatas 10 digit diperlukan sekitar seminggu untuk dicrack.


Irwan(2007,Oktober 3). Fun & Gadget, Science & Computer, from http://temanpagi.wordpress.com/2007/10/03/105/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar